Monday, September 3, 2007

Nasi Krawu Buk Tiban

Sepulang dari Lamongan, saya sempat mampir sebentar ke kota Gresik untuk mencicipi salah satu dari sekian banyak makanan khas kota Gresik, yaitu Nasi Krawu. Pada kesempatan ini warung yang saya datangi adalah milik Buk Tiban di Jl. Abdul Karim 49, Gresik.

Nasi Krawu sendiri adalah nasi dengan potongan jerohan dan suwiran daging yang terendam minyak, ditaburi serundeng 2 warna (oranye dan kuning), mangut dan sambel kehitaman yang pedesnya gak ketulungan. Bagi yang tidak suka jerohan bisa memilih nasi krawu dengan suwiran daging saja.

Yang unik dari Nasi Krawu Buk Tiban adalah sebagian besar lauk yang dimasukkan ke dalam pincuk anda diambil menggunakan tangannya tanpa bantuan sendok (kecuali saat mengaduk daging dan mengambil sambel), dan nasi krawu disajikan dalam pincuk bukan piring.

Kalo nasi krawunya sendiri jangan ditanya rasanya, endang bambang gulindang deh… alias oke banget, apalagi buat penggemar masakan yang asin2 seperti saya :D tapi saya sama sekali belum pernah mencoba yang jerohan. Cuma buat yang gak suka pedas harus waspada sama sambelnya. Selain pedas sekali, warnanya sama dengan mangutnya yaitu hitam kecoklatan. Kalo mau main aman lebih baik minta tanpa sambel. Tapi kalo suka berpetualang dengan rasa, sambelnya sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Warungnya sendiri, buka dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Letaknya di Jl. Abdul Karim 49, Telp: (031)3987191, Gresik di depan sebuah madrasah (MI Trate NU nek gak salah). Warungnya tidak terlalu besar, hanya menampung sekitar 10 – 12 orang. Karena tempatnya kecil, dan peminatnya banyak maka siap2 mengantri ya…

Harga satu porsi nasi krawu adalah 7000 rupiah, es jeruk nipis 2000 (tapi gak ada rasanya L ), hari itu saya juga membeli dagingnya untuk dibawa pulang dan dihargai 25000 lengkap dengan serundeng 2 warna, mangut, dan sambel. Hanya saja minyaknya agak kurang dari yang biasa disajikan.

So, jangan lupa mencoba nasi krawu kalau berkesempatan mengunjungi Gresik.

4 comments:

Yusuf Alam Romadhon said...

waduh bu dokter jadi kangen sama masakan jawa timuran... krawu, pepes, pecel.... di jawa tengah ga ada!!!

Anonymous said...

nasi krawu yg paling enak & rasanya asli gresik itu justru gak komersil, seperti yg saya tahu disebelah rumah teman saya, 'koki'nya akrab dipanggil Bu Elly. memang sih beliau gak buka warung/depot tapi beliau terima pesanan catering yg salah satu menunya itu nasi krawu. minat? telpon aja ke 0313980849, kalau suatu waktu anda ingin memesannya.

Anonymous said...

Halo...lagi blogwalking, salam kenal ya.

Waduh...itu blog makanannya dan fotonya kelihatan sedap sekali! Kapan..ya...kapan bisa icip?

airawan said...

Pas liburan hari raya di Gresik kemaren aku sempet nyari nasi krawu Bu Tiban. Eh apesnya, warung tutup. Saking kepengennya nasi krawu, akhirnya aku kontak temen n disaranin ke nasi krawu Bu Rida. Tapi lokasinya di Surabaya (jegleek...). Yaudah deh akhirnya meluncur ke Surabaya. Nemu deh nasi krawu Bu Rida. Lokasinya cukup strategis juga. Dan ketika nyobain...wuuaahh...nendang banget rasanya..!!! gak kalah ama nasi krawu yang di Gresik. Topp Markotopp!